7 Pola Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang Juga

Mungkin beberapa (atau banyak) dari kamu yang berpikir atau merasa pola hidup sehat seolah tidak mudah dilakukan. Padahal hidup sehat tentu memiliki banyak manfaat, seperti memperbaiki mood, mencegah penyakit, meningkatkan energi untuk beraktivitas, atau menjaga berat badan agar tetap ideal.

Pola Hidup Sehat

Prinsip awal dan paling utama yang perlu kamu tahu adalah pola atau gaya hidup sangat dipengaruhi oleh aktivitas keseharian kamu. Coba cek dirimu, kebiasaan merokok, mengonsumsi fast food (iya, ini enak banget!), atau sering tidur kemalaman merupakan beberapa poin pola hidup yang jelas-jelas tidak sehat. Tak sedikit penyakit-penyakit kronis yang mematikan dipicu oleh gaya hidup yang buruk.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Nah, yang namanya ada yang negatif, tentu ada oposisinya, yaitu positif. Terapkan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini sehingga bisa menjadi rangkaian pola hidup sehat yang kontinyu.

Tidak perlu resolusi bombastis muluk yang kemungkinan besar kamu tidak bisa mencapainya (karena memang berat). Cukup komitmen menjalani poin-poin di bawah ini dari hari ke hari.

Macam Macam Pola Hidup Sehat

Berikut 7 pola hidup sehat dan bersih yang bisa kamu terapkan mulai sekarang.

1. Mengetahui kondisi tubuh kamu saat ini

Salah satu pola hidup sehat yang perlu kamu mulai dari sekarang adalah, kamu harus tahu status tubuhmu. Apakah betul-betul sehat atau terlihat sehat.

Langkah paling mudah adalah memeriksakan dirimu ke dokter umum secara berkala. Atau kamu bisa melakukan cek laboratorium dari waktu ke waktu.

Oh iya, jangan lupa untuk cek gigi ya ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali!

2. Beraktivitas secara teratur

Istilah lainnya, olahraga tiap hari, gaes!

Apalagi kalau kamu salah satu dari sekian banyak pekerja kreatif yang sebagian besar waktumu kamu habiskan di depan laptop atau meja. Kamu wajib olahraga!

Para pakar merekomendasikan bahwa kamu sebaiknya sekurang-kurangnya olah raga alias workout 150 menit per minggu. Kalau gerak aktif, sebaiknya lakukan minimal 2 hari dalam seminggu.

Kamu tidak perlu bingung, olahraga seperti apa yang harus kamu lakukan. Mau hanya sekedar senam mengikuti instruktur di televisi atau jalan kaki selama 10 menit terhitung sudah cukup.

3. Mengevaluasi makanan yang kamu konsumsi

You are what you eat.

Tidak perlu heran kalau kamu yang doyan makan fast food, gorengan, dan sebangsanya, badannya sulit untuk ideal.

Nah, karena kamu mau hidup lebih sehat, mulailah mendata kebiasaan makanmu sehari-hari. Cek makanan mana yang sehat dan makanan mana yang sebaiknya dikurangi atau tidak dimakan sama sekali.

Lepas dari pendataan di atas, menambah porsi buah dan sayuran sudah dipastikan akan menambah meteran sehat dalam diri kamu.

4. Perbaiki hubungan sosialmu

Suka atau tidak suka, yang namanya sehat, tidak saja sehat raga, tapi juga jiwa. Dan sudah menjadi rahasia umum, apabila jiwa kita sehat, raga kita juga sehat.

Lingkungan yang aman, lingkaran sosial yang membuatmu nyaman, tentu akan meningkatkan rasa bahagia dalam diri. Kebahagiaan inilah yang konon meningkatkan level imunitas dalam tubuh secara signifikan.

5. Berhenti merokok

Walau negara kita melegalkan konsumsi rokok, bukan berarti kita tidak bisa memilih untuk kesehatan kita, bukan?

Dengan berbagai (ribuan) racun yang ada dalam sebatang rokok, jangan biarkan tubuh rusak baik untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Lebih jauh, tidak cuma berbahaya bagi perokok aktif, perokok pasif pun mendapatkan bahaya yang sama bahkan lebih buruk.

6. Banyak minum air putih

Dengan berbagai godaan kuliner nusantara atau masakan koki terkenal di resto-resto terkenal yang kamu tahu, tidak hanya makanan, minuman pun beragam jenisnya.

Seenak dan sevariatif apapun minumnya, ingatlah untuk selalu meminum air putih sebanyak 6-8 gelas dalam sehari. Selain mencegah kemungkinan penyakit ginjal, metabolisme tubuhmu juga jelas akan lebih baik.

7. Tidur yang berkualitas

Kalau sebelumnya kamu sebaiknya banyak bergerak, kebalikannya kamu juga sebaiknya banyak istirahat atau dengan kata lain, tidur berkualitas.

Para ilmuwan yang meneliti tidur, menyimpulkan bahwa durasi tidur berkualitas rerata selama 8 jam dalam sehari.

Perlu kamu garis bawahi, kalau ke 7 rangkaian pola hidup sehat ibu hamil, lansia, remaja, atau dewasa di atas tidak akan ada gunanya, apabila memang kesadaranmu terhadap kesehatan tubuh belum mumpuni. Salam sehat!

Artikel terkait:

Summary
7 Pola Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang Juga
Article Name
7 Pola Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang Juga
Description
Temukan 7 macam macam pola hidup sehat, manfaat, dan jadwal, baik bagi orang dewasa, remaja, dan lansia di artikel berikut ini.
Author
Publisher Name
NYOH

Kolom komentar & pertanyaan