Menjauhkan Yang Dekat, Mendekatkan Yang Jauh

Entah siapa yang pertama kali yang menciptakan dan juga membagikan rangkaian kalimat menohok di atas ke jagad maya. Yang jelas kalimat di atas hampir pasti benar.

Mengapa?

Karena memang sudah jamak terlihat di mana-mana, bagaimana atmosfir keluarga terkikis karena hadirnya gadget dalam keluarga.

Mereka hadir tapi tidak hadir. Mereka ada tetapi tiada.

 

(Sepertinya) hampir semua keluarga pernah mengalaminya

Tak tahu dengan Anda, tapi penulis pernah masuk ke fase tersebut. Sampai suatu hari, penulis ditegur oleh istrinya sendiri. Halus tapi mencelos ke dalam hati. Cos.

Waktu itu mahal, saudaraku. Apalagi quality time Anda dengan keluarga tercinta. Berapa banyak keluarga di luar sana yang terpaksa LDR-an hanya untuk menyambung hidup katanya. Memasrahkan anak semata wayang ke orang tua, ayah kerja di pulau mana, ibu kerja di pula mana. Sedih.

Mungkin di antara Anda akan berucap, mereka pun akan terbantu dengan adanya gadget. Iya betul. Tapi bukan poin itu yang ingin penulis sampaikan sekarang. Konsep kehadiran Anda (apalagi bila Anda orangtua) SANGAT dibutuhkan oleh keluarga (atau buah hati) Anda.

It’s all about Quality Time

Sudah tak terhitung anak yang sepertinya disayang oleh orangtuanya, tapi dia tak merasakannya. Hal ini terjadi karena orangtua (atau apapun predikat Anda dalam keluarga) tidak melibatkan diri dalam quality time yang memang wajib ada.

Sudah, di sini penulis tak ingin menghakimi siapapun, hanya saja perkembangan gadget dalam keluarga memang bisa berujung negatif atau positif. Hemat penulis, gadget sangat bisa digunakan sebagai alat bantu komunikasi, alat bantu kehadiran… ketika JAUH!

Ayah bisa melihat perkembangan anaknya, istri bisa bercengkerama dengan suami, lewat video call. Ibu bisa mendengar suara anak yang terpaksa lama tak bersua lewat telepon. Ah, indah. Positif.

Yakinlah hal sederhana ini Anda mampu lakukan

Jadi, ketika Anda sedang berdekatan dengan siapapun anggota keluarga Anda, ketika memang yang Anda lakukan tidak wajib dan penting, letakkan. Letakkan gadget, letakkan smartphone Anda.

Momen pertumbuhan anak Anda mahal, quality time bersama istri Anda mahal, bersua dengan orangtua Anda di udik, mahal! Hargai waktu itu dengan ada bersama mereka. Tak hanya sekedar hadir, tapi juga menikmati.

Bersyukurlah lebih banyak karena ada manusia selain Anda yang sangat iri dengan kompletnya, romantisnya, dan kehangatan keluarga Anda.

Artikel terkait:

Kolom komentar & pertanyaan