7+ Kuliner Semarang Terkenal Legendaris Yang Kamu Wajib Coba

Ketika kamu ngobrol tentang kuliner Semarang, tentu kamu sama sohibmu langsung sama-sama menerawang ke langit sambil mengingat betapa bejibunnya pilihan kuliner di kota Atlas ini.

Mulai dari kuliner Semarang kelas atas, kelas menengah, sampai kelas kaki lima, semua ada! Dari yang mihil bet atau murah meriah, komplet plet!!

Nah, di artikel ini, kamu bakal temuin 7+ jenis kuliner Semarang yang jelas enak dan bisa kamu langsung samperin kalau kamu lagi di Semarang.

Are you ready?

1. Kuliner Semarang Lumpia Gang Lombok

kuliner semarang

Semarang Kota Lumpia. Saking melekatnya imej lumpia dengan kota Semarang, sampai otomatis muncul jargon tersebut. Kuliner Semarang khas turunan dari kuliner Tiongkok telah menjadi salah satu ikon kota Semarang.

Sebenarnya penjual jajanan khas ini sangatlah banyak, tetapi ada satu-satunya tempat yang diklaim menjadi tempat legendaris tertua di Semarang dimana sudah dikelola sampai tiga generasi, yaitu Lumpia Gang Lombok.

Warung (iya, bentuknya beneran warung) Lumpia Gang Lombok ini lokasinya di dekat Klenteng Tay Kak Sie, di sekitar Pasar Johar Semarang. Yang perlu dicatat di sini, Lumpia Gang Lombok ini TIDAK buka cabang ya gaes. Jadi, beneran warungnya cuma satu.

Menu lumpia yang ditawarkan ada dua: lumpia basah dan goreng. Dua-duanya sama lezatnya sesuai selera kamu aja. Kulitnya lembut, isi lumpia yang terdiri dari rebung, udang, sama telor…padet banget!

Potong itu lumpia, tusuk pakai garpu lalu cocolin ke saus khasnya ditambah daun bawang seger. Beeeehh!

2. Kuliner di Semarang yang Enak Asem Asem Koh Liem

kuliner di semarang

Sejuta kuliner Semarang lezat, temukan di Semarang. Cieee, promo nih. Hehe. Tapi bener kan, emang banyak banget.

Salah satunya ya ini: Rumah Makan Asem Asem Koh Liem. Ya, ketebak lah ya, yang dijual apaan, jelas asem asem jadi andalan menunya.

Seperti asem asem pada umumnya, masakan daging sapi yang dipotong persegi lalu dicampur dengan kuah asam manis pedas yang endess banget.

Nah, walaupun menu andalan di Rumah Makan Koh Liem adalah asem asem, jangan salah sangka ya.. menu di sini sangat beragam mulai dari kikil lombok ijo, bandeng sarden, dan lontong cap gomeh.

Penasaran? Langsung aja ya cuss ke jalan Karang Anyar di Semarang.

3. Kuliner Malam Hari di Semarang Kampung Laut

kuliner malam semarang

Tempat ini romantis banget gaes. Cocok banget buat kamu sama istri/suami pengantin baru dinner bareng. Eh, yang jomblo juga boleh kok dateng. Bisa bareng keluarga atau sama sohib-sohib kamu.

Kampung Laut ini adalah salah satu spot favorit baik bagi wisatawan lokal (warga Semarang) atau pecinta kuliner Semarang dari luar kota. Kampung Laut memiliki konsep yang unik banget, dimana tempat makannya di-set seolah mengapung di atas air. Keren!

Dilengkapi dengan fasilitas pemancingan, Kampung Laut pas banget buat kamu yang emang hobi mancing.

Jelas, menu Kampung Laut seputar olahan ikan laut atau seafood lainnya, seperti cumi, udang, dan lain sebagainya. Tapi semisal kamu gak doyan, kamu bisa kok pesan menu olahan ayam dan juga sapi.

Lampu malam hari yang berpendar di air bawah tempat makanmu beneran bakal jadi kenangan indah buatmu dan pasangan.

4. Wisata Kuliner Khas Semarang Soto Bangkong

wisata kuliner semarang

Kalau kamu nanya mana soto paling terkenal di Semarang, ya Soto Bangkong ini jawabnya. Tak hanya modal tenar, tapi bener-bener enak.

Mulai eksis sejak tahun ’50an, Soto Bangkong bertahan sampai saat ini. Tak heran, karena memang sotonya betul-betul istimewa dan diklaim menggunakan resep rahasia.

Terdiri dari bihun, irisan bawang, kuah soto, ayam suwir, dan bawang goreng kriuk, Soto Bangkong siap memanjakan lidah penikmat soto tanah air.

Apa soto saja menunya? Tidak. Kamu juga bisa icip-icip mulai dari garang asem sampai ayam goreng rempah.

Sikat Soto Bangkong ini di jalan Setiabudi no.229, Semarang. Inget, ajak handai taulan, biar tambah ramai.

5. Tempat Kuliner Kota Semarang Pisang Plenet

tempat kuliner semarang

Pisang Plenet atau penyet ini khas banget di kuliner Semarang. Berbahan dasar pisang kepok raja pilihan matang sempurna, kemudian dibakar langsung di atas bara api hingga layu dan berwarna kuning kecoklatan.

Setelah selesai dibakar, pisang hasil bakaran tersebut diplenet menggunakan papan kecil layaknya talenan dapur.

Selanjutnya, pisang plenet tersebut diolesi margarin dan ditaburi topping sesuai selera. Ada pilihan cokelat, keju, selai, kacang, atau gula halus.

Selesai? Belum.

Terakhir, pisang plenet tersebut ditangkup seperti roti sandwich, dan… TADA! Pisang plenet siap dinikmati.

Proses di atas kayaknya aja banyak dan lama ya? Tapi kenyataannya, proses masaknya bentar banget. Gak ada 5 menit, kamu langsung bisa nyantap jajanan enak ini.

Silakaeun langsung meluncur ke kawasan Gajah Mada, Semarang untuk ketemu para penjual pisang plenet di sana.

6. Restoran Enak di Semarang Pesta Keboen

restoran enak di semarang

Resto ciamik kuliner Semarang yang mengusung konsep tempo doeloe, itulah Pesta Keboen. Iya, sampai penulisan menunya pun pakai ejaan lama.

Gak pernah sepi pengunjung, Pesta Keboen ini cocok banget bagi kamu yang pengen nostalgia dengan suasana jaman dulu, entah sama pasangan atau sama sahabat-sahabatmu.

Memiliki dua pilihan lokasi makan, indoor dan outdoor, membuat pilihan menu jadul yang ditawarkan makin berkesan. Variatif dan lezat.

Pesta Keboen yang berlokasi di jalan Veteran no. 29, Semarang ini juga rutin menggelar live music untuk kamu dengarkan ketika menyantap makanan.

7. Kuliner Semarang Murah Meriah Gulai Kambing Bustaman

kuliner semarang murah meriah

Siapa juga coba yang bisa menolak kelezatan olahan daging kambing? Para karnivora tentu doyan banget sama gulai kambing yang satu ini.

Khas dan tiada duanya, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini menyediakan olahan daging kambing sebagai menu andalannya. Jadi, ketika kamu memang cari perdagingkambingan di Semarang, warung Pak Sabar wajib dimasukkan di list kamu.

Ketika kamu pertama datang ke sini, tolong jangan kaget ya. Karena hampir sama seperti Lumpia Gang Lombok yang kami ulas sebelumnya, Gulai Kambing Bustaman hanya digelar di tenda bongkar pasang yang sangat sederhana. Tapi, jangan tanya ya, soal citarasanya…. JOS!

Kami gak tanggung jawab ya kalau kamu jadi ketagihan ngambing setelah dari Pak Sabar ini. Cus langsung aja cari warungnya di seputaran Kota Tua, Semarang.

8. Kuliner Enak di Semarang Bakmi Jawa Pak Gareng

kuliner enak di semarang

Mi Jawa mungkin sudah banyak kita temui di sudut-sudut kota Semarang. Lalu, apa istimewanya Bakmi Jawa Pak Gareng?

Selain untuk kamu penggemar mie secara umum, Bakmi Jawa Pak Gareng cocok banget buat kamu yang memang kangen dengan citarasa Jawa yang khas luar biasa.

Bakmi godog (kuah) atau bakmi goreng, kamu bisa pilih antara keduanya. Nasi goreng dan magelangan pun bisa kamu cicipi sebagai varian.

9. Kuliner Semarang Enak Kue Leker Paimo

kuliner semarang enak

KIta udah bahas lumpia, asem asem, gulai kambing… ada lagi gak sih jajanan kuliner Semarang yang manis kayak pisang plenet?

Ada. Namanya leker.

Kue Leker Paimo yang berlokasi di sudut kawasan SMA Kolose Loyola ini tidak pernah sepi pembeli, yang mana dari siswa Loyola sendiri hampir tak pernah absen jajan di sini.

Leker yang sudah ada sejak zaman Belanda ini betul-betul mengusung keserdahaan yang sangat. Apa pasal? Karena penjualnya dari dulu hingga sekarang hampir tidak ada perubahan berarti.

Kalau kamu sering jajan waktu SMA dulu ya begitu itu keadaanya ketika kami ke Leker Paimo. Di sini kamu bebas banget nongkrong, ngobrol ngalor ngidul, tanpa batas.

Leker atau creeps (nama modern-nya) ini memiliki varian yang luar biasa beragam di menu Paimo. Mulai rasa standar cokelat, keju, sampai isian sosis, kornet, dan lain lain.

10. Kuliner Simpang Lima Semarang Tahu Gimbal

kuliner simpang lima semarang

Berlokasi di jalan Menteri Soepeno, Semarang yang notabene dekat Simpang Lima, tahu gimbal ini wajib kamu coba. Rasa aduhai, suasana kaki lima menjadikan tahu gimbal selalu jadi kenangan.

Tahu gimbal yang memiliki komposisi lontong, kol, telur ceplok, tauge, potongan tahu goreng, taburan bawang goreng plus kerupuk ini siap menggoyang lidah kamu.

Oya, gimbal itu sederhananya itu udang goreng tepung yang jadi pelengkap kuliner tahu gimbal ini. Selain tahu gimbal, penjual juga menyediakan berbagai macam minuman es variatif penghilang dahaga. Coba deh!

11. Kuliner Simpang Lima Semarang Waroeng Kaligarong

kuliner simpang lima semarang waroeng kaligarong

Kuliner Semarang yang satu ini terletak di JL. D.I.Pandjaitan no. 64, 600 meter dari Simpang Lima, Semarang. Waroeng Kaligarong menyajikan menu khas Indonesia, salah satunya yang jadi favorit pecinta kuliner Semarang adalah Bebek Goreng Sambal Mangga Muda.

Di Waroeng Kaligarong, bebek yang digunakan adalah bebek muda yang dagingnya terkenal lebih empuk dan manis. Selain Bebek Goreng Sambal Mangga Mudanya yang bestseller, Waroeng Kaligarong juga menghadirkan beragam menu jamu seperti Kunyit Asem, Asem Aren, dan Beras Kencur yang harus kamu coba.

Jangan lupa juga untuk mencicipi Oseng Kembang Turi dan Oseng Kembang Pepaya khas Waroeng Kaligarong yang gurih dengan racikan rempah-rempah khas Indonesia yang lezat.

Jam buka: 10.00 – 22.00

Phone: 024-3555300

WA: 087731345445

LINE ID: @Waroengkaligarong

12. Kuliner Semarang Malam Nasi Kucing Pak Gik

kuliner semarang malam

Nasi kucing = Pak Gik. Ikonik sekaligus khas. Nasi kucing Pak Gik ini selalu menjadi incaran pemburu kuliner malam di Semarang.

Jangan terpengaruh dengan nama dan kemasaannya ya, karena memang rasanya sungguh lezat dan menunya sangat variatif. Harganya pun, gak usah ditanya, kuliner Semarang MURAH BANGET!

Nasi bungkus, aneka gorengan, ragam sate, atau jajan lainnya dibanderol sekitar 1,000 sampai 5,000 rupiah. Gak murah gimana coba?

Langsung aja ya ke Wotgandul (kawasan Kampung Kali) Semarang mulai dari jam 9 malam. Iya, semalam itu.

13. Kuliner Tlogosari Semarang Waroeng Pizza & Pasta

kuliner tlogosari semarang

Ingin ngepasta seputaran Semarang? Kamu bisa coba yang ada di kawasan Tlogosari ini. Tidak hanya pasta, makanan Italia macam pizza, lasagna, fetuccini, dan spagheti semua ada.

Menu di warung ini memang sangatlah beragam. Sebut saja minuman Hot Cappucino, bir pletok, es krim goreng, dan lain sebagainya. Dijamin gak bosen kamu ke sini bareng temen-temen kamu.

14. Kuliner Semarang Bondan Bandeng Presto dan Tahu Baxo

kuliner semarang bondan

Kenal pak Bondan Winarno dong? Iya, pakar kuliner yang satu itu pun sudah puterin Semarang untuk sekedar icip-icip plus nge-review kuliner Semarang buat kamu.

Salah dua yang beliau sebutkan adalah tahu baxo dan bandeng presto Juwana.

Tahu Baxo Ibu Pudji ini bukan tahu bakso biasa ya. Tahu cokelat tebal yang tengahnya diisi dengan bakso sapi ini sudah terkenal seantero nusantara dan menjadi salah satu buah tangan favorit dari Semarang selain lumpia.

Dibanderol harga 30,000an rupiah, kamu bisa pilih tahu baxo yang mentah atau yang sudah digoreng. Hmmm, yummy!

Selanjutnya, rekomendasi pak Bondan adalah bandeng presto Juwana yang juga bisa banget dijadiin buah tangan dari Semarang.

Singkatnya, bandeng presto itu ikan bandeng yang dibumbui lalu dipresto jadi ketika akan diolah kembali atau langsung dikonsumsi durinya tidak menyakiti alias lunak dan hancur ketika dimakan.

Nah, bandeng presto Juwana ini legendaris banget. Kamu musti coba. Cek deh jalan Pandanaran, Semarang waktu kamu ke Semarang.

Yak, itu dia beberapa kuliner Semarang enak khas terkenal baik pagi, siang, malam hari yang bisa kamu sikat ketika kamu maen ke Semarang. Kasih tahu kita ya kalau ketagihan, hehe.

Artikel terkait:

Summary
7+ Kuliner Semarang Terkenal Legendaris Yang Kamu Wajib Coba
Article Name
7+ Kuliner Semarang Terkenal Legendaris Yang Kamu Wajib Coba
Description
Kuliner Semarang MURAH MERIAH pagi / siang / malam hari Instagram. Tempat wisata kuliner dan restoran ENAK di Tlogosari / Simpang Lima Kota Semarang.
Author
Publisher Name
NYOH

Kolom komentar & pertanyaan